Pages

Senin, 30 Juli 2012

Cara Membedakan Versi Windows Yang Asli dan Bajakan


Sebenarnya untuk mengetahui trik ini antara perlu dan tidak perlu. Karena trik ini bukan tipe trik yang berfungsi untuk membuat kinerja windows menjadi lebih baik. Trik ini suatu saat berfungsi apabila ketika akan melakukan pembelian perangkat komputer ataupun notebook yang dibundling dengan paket Windows didalamnya. Banyak cara penjual untuk memperoleh keuntungan dalam penjualan komputer dan salah satunya adalah dengan cara mengatakan bahwa komputer tersebut telah diinstal dengan menggunakan Windows asli sehingga harga perangkat tersebut pun menjadi lebih mahal.

Untuk mengatasi hal ini ada baiknya kita harus mengetahui cara membedakan windows asli dan bajakan. Caranya sangat mudah sekali, kamu tinggal membuka Command Prompt dengan cara klik tombol start windows, kemudian pilih Run, lalu ketikan cmd, kemudian enter, atau buka di program, accessories, pilih Command Prompt. Setelah jendella terbuka, lalu ketikan kode berikut ini :

1. untuk Windows XP
    ketik : c:\windows\system32\oobe\msoobe /a
    lalu enter.
   Jika ada tulisan Thanks for using our product berarti Windowsnya original/asli, tapi  
    jika anda diminta untuk mengaktifkan dengan membeli lisensi produk, itu berarti 
    Windowsnya bajakan.

2. untuk windows vista
    slmgr –xpr
    slmgr.vbs -dli
    slmgr.vbs -dlv

Kode di atas akan menampilkan tanggal, informasi dan detail tentang verifikasi produk dari Windows Vista dan kamu tinggal perhatikan pada License statusnya apakah windows tersebut asli atau tidak.

3. untuk windows 7
Microsoft merilis update yang akan membantu anda untuk mengkonfirmasi apakah Windows 7 yang diinstall di komputer anda asli atau tidak. Ini berlaku bagi 32 dan 64 bit.
Update ini akan diinstall dan melakukan validasi. Jika validasi error atau update mendeteksi adanya eksploit bajakan di Windows 7 anda, maka update akan menanyakan aktivasinya yang berarti kemungkinan besar Windows 7 anda bajakan.
Biasanya Windows bajakan akan terdeteksi dengan software2 yang dibuat oleh Microsoft, oleh sebab itu jika anda tidak menggunakan yang Ori, sebaiknya menghindari software buatan Microsoft untuk mencegah watermark (Cap bajakan dari Microsoft) di komputer anda.

atau selain cara di atas, ada cara lain, yaitu dengan menggunakan software dari mocrosoftnya, nama softwarenya Microsoft Genuine Advantage Diagnostic tool.exe untuk mendapatkan softwarenya, bisa dowload di sini lalu jalankan programnya kemudian klik continue seperti ganbar di bawah ini :

Setelah itu tunggu beberapa saat programnya akan mengecek keaslian windowsnya, setelah itu jika windowsnya asli/original maka akan muncul seperti ganbar dibawah ini :

Perhatikan tusisan genuine yang berwarna hijau, itu menunjukan bahwa windowsnya asli/original, tetapi jika windownya bajakan tidak akan muncul tulisan genuine yang berwarna hijau seperti ganbar diatas, tetapi munculnya seperti ini :

  
Perhatikan tulisan yang berwarna merah, itu menunjunkan kalau windowsnya palsu/bajakan. 





1 komentar:

Unknown on 24 Maret 2013 pukul 11.39 mengatakan...

Gan ane kok nyoba pke Microsoft Genuine Advantage Diagnostic tool tapi hasilnya kok bukan warna ijo atau merah yang dimaksud melainkan 0 doang itu knp gan??

Posting Komentar

 

Info Seputar Windows dan Permasalahannya. Copyright 2008 All Rights Reserved Instalasiwindows.blogspot.com by uje