Pages

Minggu, 22 Juli 2012

Cara Install Windows XP


Walaupun sekarang banyak beredar Sistem Operasi yang digunakan pada PC ataupun notebook namun Sistem Operasi Windows XP saya rasa masih tetap banyak penggemarnya termasuk juga saya. Ada beberapa pengguna komputer dilihat dari keahliannya seperti pengguna yang hanya tinggal memakai program tanpa tahu cara menginstallnya dan yang kedua pengguna yang bisa menginstall program tersebut dan sekaligus juga bisa menjalankannya. Untuk menjalankan Sistem Operasi Windows XP tentu hampir semua orang bisa menjalankannya, tapi untuk menginstallnya belum tentu semua orang bisa. Tapi jangan takut, walaupun disitus-situs lain juga banyak menjelaskan bagaimana teknik cara menginstall Windows XP, tetapi disini saya akan menjelaskan langkah demi langkah Cara Instal Windows XP dengan cara saya sendiri yang mudah-mudahan bisa dimengerti :.
  1. Pastikan Note Book atau PC anda memiliki CD/DVD ROM yang masih dapat bekerja dengan baik karena jika tidak pemasangan Windows XP bisa saja terhenti pada saat pemasangan belum selesai.
  2. Yang tidak kalah pentingnya adalah, anda harus memiliki CD Windows XP yang bootable artinya komputer anda dapat booting melalui CD tersebut.
  3. Untuk dapat booting melalui CD/DVD ROM pada komputer, pertama kali anda harus setting BIOS anda pada saat komputer booting pertama kali biasanya dengan menggunakan tombol "del" atau tombol F1atau F2 karena setiap komputer berbeda-beda,  lalu anda tinggal pilih pada menu boot atur 1st boot anda menjadi cd-rom drive dan setelah itu tekan F10 untuk save dan exit. 
  4. Pastikan CD Windows XP anda telah dimasukkan ke dalam CD Rom dan untuk pertama kali booting pada komputer ketika muncul tulisan "  press any key to boot from CD...." anda tinggal menekan sembarang tombol untuk booting melalui CD Windows tersebut. Tunggu beberapa saat sampai layar terhenti dan menampilkan layar biru seperti gambar dan terdapat 3 pilihan untuk proses selanjutnya yaitu E untuk lanjut R untuk repair dan F3 untuk berhenti.
  5. Jika anda memang mau menginstal baru atau ulang komputer anda maka saya sarankan untuk memilih Enter untuk continue namun jika anda hanya ingin memperbaiki windows anda dan tidak ingin kehilangan data-data di dalamnya maka saya akan sarankan untuk hanya memilih repair saja. Setelah anda memilih continue untuk melanjutkan proses maka anda akan berhenti pada layar yang menjelaskan ketentuan persyaratan yang telah dibuat oleh microsot dan kamu tinggal menekan F8 untuk menyetujui hal tersebut.
  6. Ketika anda telah menekan F8 maka pada layar anda akan muncul gambar yang akan menampilkan isi partisi komputer anda. Jika komputer tersebut baru saja dibeli dan belum dipartisi maka akan ada pilihan untuk create partisi biasanya dengan menekan huruf "'C" to create dan apabila partisi sudah ada sebelumnya maka akan ada pilihan "L" to delete partisi atau install langsung ke drive tersebut. Jika memang kapasitas harddisk anda besar sebaiknya anda membuat 2 partisi dengan catatan satu partisi untuk menginstal windows dan program lainnya dan partisi lainnya khusus untuk menyimpan data agar jika sewaktu-waktu windows anda rusak, maka data tidak akan ikut terhapus pada saat windows kembali diinstal.
  7. Sebelum partisi dibentuk, anda diminta untuk mengetik besaran partisi yang anda inginkan dan anda perlu mengetahui berapa total partisi yang harddisk anda miliki. Biasanya pengguna komputer banyak yang membagi sama persis jumlah partisi tersebut misal 100GB menjadi masing 50GB. Jika anda selesai memasukkan besar partisi yang akan anda buat, maka tekan enter dan anda dituntun untuk memformat partisi tersebut sebelum diinstal windows. Jika ingin format dengan cepat maka anda harus pilih Quick.
  8. Setelah proses format selesai maka akan langsung dilanjut dengan copy file windows dan pada saat selesai proses copy, komputer anda akan otomatis reboot dan jika pada saat reboot masih muncul tulisan "press any key to boot from CD..." maka anda harus abaikan perintah tersebut karena proses pemasangan sekarang telah beralih ke komputer anda karena file windows telah tercopy semua ke dalam harddisk anda.
  9. Untuk proses selanjutnya adalah proses dimana anda harus banyak menunggu karena windows sedang melakukan penginstalan. Anda tinggal mengikuti intruksi-intruksi yang diberikan dan mencocokkan data waktu serta membuat nama komputer anda.
  10. Dan yang tak kalah pentingnya adalah, anda harus memiliki serial number register Windows tersebut karena tanpa serial number ini (Product Key) windows anda tidak akan bisa terinstal dan pastikan product key yang anda masukkan tidak salah.
  11. Jika muncul pengaturan network pilihlah network yang typical settings kemudian klik Next. Selanjutnya pada pengaturan Workgroup or Computer Domain pilih option yang pertama yaitu "No... this computer is not on a network..."
  12. Setelah setup windows complete, maka komputer akan kembali reboot dan akan langsung menuju tampilan desktop tapi sebelumnya windows akan menampilkan pernyataan display setting yang akan mengautomasi tampilan resolusi layar. Kemudian anda akan melihat tampilan welcome to microsot windows dan anda tinggal menekan next.
  13. Untuk pilihan proteksi windows maka anda akan diberi pilihan  untuk menghidupkan automatic update atau tidak tapi sebelum ada koneksi maka sebaiknya anda memilih Not Right Now. 
  14. Setelah itu anda akan diperintahkan untuk memberi nama pengguna komputer atau dengan kata lain user accounts dan jika telah dimasukkan nama user account maka klik pada tombol finish. Jika anda telah mencapai hal ini maka proses instalasi windows anda telah selesai. 
  15. Dan langkah terakhir adalah anda harus mengeluarkan CD Windows XP yang ada pada CD ROM anda dan mengembalikan setup BIOS anda agar tidak lagi booting darii CD ROM tapi booting melalui harddisk anda.
Begitulah tahap-tahap dalam melakukan instalasi Windows XP dan agar tampilan dan kinerja Windows XP anda lebih optimal, maka sebaiknya anda menginstal driver-driver hardware komputer anda seperti VGA, Audio, Chipset, LAN, Wifi, atau Usb dan lain sebagainya sesuai spesifikasi komputer anda.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Info Seputar Windows dan Permasalahannya. Copyright 2008 All Rights Reserved Instalasiwindows.blogspot.com by uje